Profil Edwin van der Sar
Profil Edwin van der Sar

Profil Edwin van der Sar

Posted on

Profil Edwin van der Sar Edwin van der Sar (29 Oktober 1970, Voorhout, South Holland, Belanda) merupakan seorang mantan pemain sepakbola profesional berkebangsaan Belanda, yang tampil sebagai penjaga gawang. Ia pernah menjabat menjadi kapten timnas sepakbola Belanda dan pula pernah main tuk klub Manchester United di Liga Primer Inggris.

Karir Sepakbola Van der Sar

Van der Sar mengawali karirnya di klub kota kelahiran, Foreholte, lalu VV Noordwijk. Pada umur yang relatif telat, ia diantar ke atensi Louis van Gaal, dan lalu menandatangani tuk Ajax. Walaupun ia bergabung terlambat dirinya pergi ke klub cadangan dan menanti waktu menjelang meraih tim pertama panggilan upnya dari Louis van Gaal. Dirinya menikmati tugas yang tidak pendek dan sukses di klub senior mereka, memenangi Piala UEFA 1991-1992 serta 1994-95 UEFA Champions League, dan di tahun 1995 penghargaan apik Kiper Eropa. Dia merupakan penjaga gawang untuk Ajax di Final UEFA Liga Champions 1996, tapi harus puas pada medali runner-up lantaran mereka kalah adu penalti atas Juventus. Dia mencetak total 226 pertandingan untuk Ajax dan menyarangkan gol penalti tuk Ajax guna menyelesaikan keberhasilan 9-1 melawan De Graafschap di musim 1997-1998. Di musim full pertamanya menjadi Ajax No. 1 ia memenangi Dutch Football Kiper of the Year, dirinya kemudian pergi tuk mempertahankan penghargaan 3 tahun berturut-turut selanjutnya.

Van der Sar menandatangani kepada Manchester United 10 Juni 2005 untuk biaya senilai £ 2 juta, walaupun biaya transfer yang pas tidak diungkapkan. Mantan manager Manchester United Sir Alex Ferguson beranggapan dia kiper apik sudah bermain tuk klub semenjak Peter Schmeichel ada. Pada 5 Mei 2007, hukumannya kecuali dari Darius Vassell menolong menjamin keberhasilan 1-0 melawan Manchester City dalam derby Manchester. Hari selanjutnya, gagalnya Chelsea menyingkirkan Arsenal di Emirates memantapkan ke-9 trofi Liga Primer untuk Manchester United dan Van der Sar perdana. Dia pun terpilih kedalam PFA Team 2006-2007 of the Year. Tiga bulan berselang, ia merupakan katalis dalam keberhasilan 16 FA Community Shield MU, saat dia menyelamatkan 3 penalti secara beruntun dalam tembak-menembak usai Manchester United dan Chelsea main imbang dengan agregat 1-1 di akhir waktu reguler.

Van der Sar tidak terkecuali pada tahun 1994 skuat Piala Dunia Belanda namun masih tidak bermain. Dia musti menunggu hingga 7 Juni 1995 tuk debut internasional, menghadapi Belarusia. Dia merupakan kiper selama 3 eliminasi berturut-turut dari kompetisi tunggal dengan hukuman: Euro 1996, Piala Dunia 1998 serta Euro 2000. Belanda kandas lolos menuju Piala Dunia 2002 pasca bersaing melawan Portugal dan Republik Irlandia lalu selama semuanya karir dengan Belanda, dirinya sudah kehilangan salah satu turnamen bergengsi ini.

Gaya Bermain van der Sar

Dianggap jadi salah satu penjaga gawang terhebat dan paling lengkap kekuatannya dalam sejarah sepakbola, Van der Sar merupakan sosok berbadan atletik, penjaga gawang tetapi ramping, yang unggul pada menangani tembakan lawan karena fisknya yang memadai dan tinggi; kiper cerdas, disamping refleks dengan tembakan berhenti, dia juga dikenal pasalnya ketenangan yang cukup saat bola menghampirinya, dan kemampuannya tuk mengatur pertahanan. Sebab kemampuannya dalam kepemilikan bola, ia juga berperan sebagai “sweeper-keeper” pada kesempatan selama karirnya, khususnya sepanjang waktu bersama Ajax.

Prestasi Individual van der Sar

  • Dutch Football Goalkeeper of the Year: 1994-1997
  • Best European Goalkeeper: 1995, 2009
  • Dutch Golden Shoe (1): 1998
  • IFFHS World’s Best Goalkeeper: Bronze Ball 1998, 2008
  • Barclays Golden Glove: 2008–2009
  • UEFA Club Goalkeeper of the Year: 2009